Pengumuman : Program The Writer’s Workshop Angkatan Ke-2 Ditutup

Pengumuman

Dikarenakan kuota peserta  telah mencapai 25 orang, maka program The Writer’s Workshop Angkatan Ke-2 telah ditutup.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Terima kasih

The Writer’s Workshop Angkatan Ke-2

20160118020948_aksaraYuuk ikutan “The Writer’s Workshop Angkatan ke-2″ setiap Sabtu jam 10.00 s.d 12.00 WIB di Ruang Teater Perpustakaan Kemendikbud Gedung A, Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta.

Kelas pertama akan diselenggarakan pada Sabtu, 6 Februari 2016.

Syarat Pendaftaran:
1.Pelajar/Mahasiswa/Umum
2.Mengirimkan email ke aksarainstitute@gmail.com dengan subyek email “Daftar The Writer’s Workshop Angkt II
3.Pada email disebutkan nama lengkap, tempat taggal lahir, alamat rumah/sekolah/kampus/lembaga, no.handphone
4.Pendaftaran paling lambat 3 Februari 2016.
5.Pendaftaran ditutup jika sudah memenuhi kuota 25 orang.

Pemateri:
Jurnalis CNN Indonesia, Koran Sindo, Wall Street Journal.

Biaya : GRATIS

Acara ini diselenggarakan oleh Aksara Institute bekerjasama dengan Perpustakaan Kemendikbud.

Info lebih lanjut aksarainstitute@gmail.com / telepon 081281428887

Panduan Orang Tua & Guru Untuk Bicara Pada Anak Tentang Terorisme

 

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Assalamu’alaikum wr. wb. 

Dalam situasi seperti ini, orang tua dan guru perlu membantu anak-anak kita mencerna dan menanggapi peristiwa teror ini. 
Mohon bantuan dan perkenan untuk menyebarluaskan panduan singkat di bawah ini untuk orang tua dan guru dalam berdialog dengan anak-anak kita. 

Semoga bermanfaat

Salam, 

Anies Baswedan

Pengumuman Tutup Layanan Perpustakaan

PENGUMUMAN

Dalam rangka hari libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Natal, dan Tahun Baru 2016. Perpustakaan Kemendikbud menutup layanan pada:

Kamis, 24 Desember 2015
Jumat, 25 Desember 2015
Sabtu, 26 Desember 2015
Jumat, 1 Januari 2016
Sabtu, 2 Januari 2016

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Perpustakaan Kemendikbud

Hibah Koleksi Hasil Penyiangan (Weeding) Perpustakaan Kemendikbud

Dalam rangka revitalisasi koleksi Perpustakaan Kemendikbud, Kami akan menghibahkan koleksi hasil weeding (penyiangan) kepada publik dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Hibah buku hanya diperuntukkan untuk organisasi (perpustakaan, sekolah, taman bacaan atau yayasan).
  2. Permintaan hibah buku dilakukan dengan cara mengirimkan surat resmi ditujukan kepada Yth. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Surat tersebut dapat dikirim secara langsung ke Perpustakaan Kemendikbud Gedung A Lantai 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270 atau di scan dalam format pdf, dan dikirimkan melalui email perpustakaan@kemdikbud.go.id
  4. Perpustakaan Kemendikbud tidak menyediakan biaya pengiriman buku hibah.
  5. Pengambilan hibah buku  dilakukan setelah adanya disposisi/balasan dari Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud.
  6. Pengambilan hibah buku dilakukan dengn cara datang langsung ke Perpustakaan Kemendikbud di Gedung A Lantai 1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270.
  7. Pada setiap kardus yang telah dipacking, berisi buku buku serta daftar judul buku. Penerima hibah tidak diperkenankan membongkar kardus untuk memilih.
  8. Permintaan softcopy file daftar judul koleksi yang akan dihibahkan dapat dilakukan dengan cara mengirimkan email ke perpustakaan@kemdikbud.go.id dengan mengisi subyek email “Permohonan Softcopy Daftar Judul Koleksi Hibah”
  9. Mohon dipertimbangkan koleksi yang dihibahkan adalah koleksi hasi weeding (penyiangan) koleksi perpustakaan Kemdikbud terbitan tahun 1990an.

Kopi Darat (Kongkow Pendidikan, Diskusi Ahli dan Tukar Pendapat)

Screenshot from 2015-12-09 19:22:57ACDP Indonesia bekerjasama dengan Perpustakaan Kemendikbud mengadakan acara Kopi Darat (Kongkow Pendidikan, Diskui Ahli dan Tukar Pendapat) akhir tahun dengan tema “Belajar dari Guru yang Tak Henti Belajar” pada:

Mendikbud Hadiri Deklarasi Hari Dongeng Nasional

dongeng1Jakarta, Kemendikbud — Kebudayaan Nusantara sangat kaya akan dongeng karena bangsa Indonesia sejak dulu memiliki budaya narasi yang disampaikan secara oral. Setiap daerah memilki puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan cerita dan dongeng. Karena itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat mengapresiasi dan mendukung inisiatif masyarakat untuk menetapkan Hari Dongeng Nasional. Dan hari ini, 28 November 2015, bertepatan dengan hari lahir Drs. Suyadi, atau yang biasa dikenal sebagai Pak Raden, Mendikbud Anies Baswedan pun turut menghadiri Deklarasi Hari Dongeng Nasional di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, bersama Forum Dongeng Nasional dan komunitas lainnya.

Workshop Literasi Informasi Sekolah bagi Guru & Pustakawan

Tersedianya teknologi informasi seperti internet memberi dampak pada banjirnya informasi, termasuk pada proses belajar mengajar. Namun demikian tidak semua informasi yang disajikan di internet layak menjadi rujukan kajian keilmuan, karena itu dibutuhkan suatu kemampuan mencermati validitas suatu Web (Web of Trust) serta pemahaman bagaimana mengelola informasi menjadi bagian dari pembelajaran. Kompetensi dan implementasi literasi informasi(Information Literacy) adalah suatu keharusan.

Pekan Perpustakaan Kemendikbud 2015

Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah perpustakaan khusus di lingkungan Kemendikbud yang memiliki tugas utama menyediakan informasi dan bahan pustaka dalam rangka mendukung tugas dan fungsi organisasi Kemendikbud. Perpustakaan Kemendikbud sebagai perpustakaan utama di lingkungan Kemendikbud diharapkan bisa menjadi pusat referensi utama bagi masyarakat dan stakeholder Kemendikbud.

Workshop Otomasi Perpustakaan : SLIMS 8 Akasia

Dalam rangka Pekan Perpustakaan Kemendikbud 2015, Perpustakaan Kemendikbud membuka kelas workshop aplikasi otomasi perpustakaan serta memperkenalkan fitur fitur yang terdapat pada SLiMS 8 Akasia,
Kelas ini akan difasilitasi oleh Hendro Wicaksono dan Rasyid Ridho